Membuat Vlan Mikrotik ke vlan Linksys WRT54GL

tak terasa udah 5 hari oprek Linksys WRT54GL untuk membuat HOTSPOT menggunakan VLAN (dibelakang jaringan Lokal)
udah tanya sana sini,mbah google dah diubek ubek ga ada yang begitu rinci menjelaskan bagaimana membuat vlan di WRT54GL...dan akhirnya dengan ketekunan berhari2bermalam2 ketemu juga solusinya..
langsung saja ini catatanku biar ga lupa dikemudian hari dan semoga juga bermanfaat untuk orang lain..

Kalo untuk VLAN antar Mikrotik tentunya lebih mudah..tinggal bikin layer di salah satu ether dah selesai dan lebih efisien tentunya...ini yang jadi kendala...di klien punyaknya Linksys
Udah berapa kali saya upload firmware ..dari aslinya ke DDWRT pindah ke OPEN WRT sampai2 ngFlash berkali2 karena gagal booting...(sempat panik juga karna harganya cukup mahal ntar kalo rusak cuma buat ganjal pintu.).dan pada akhirnya nemu firmware TOMATO yang saya rasa sederhana dan cukup stabil..
langsung saja cara buat vlan di linksys WRT54GL(saya tidak akan jelaskan membuat VLAN'nya dimkrotik karena saya rasa itu cukup mudah)..
perlu dicatat 4 langkah ini adalah cara membuat VLAN untuk Hotspot melalui 1 interface agar tidak menggangu Lokal..jadi tujuan dibuat Vlan ini hanya mendirect login page dan akses internet melalui VLAN
1.Upgrade dulu firmware nya pake TOMATO download disini https://code.google.com/p/tomato-sdhc-vlan/downloads/list
2.setelah selesi buat ip WAN dan bridge nya
3.Jangan Lupa centag ato uncentang sesuai gambar
4.tambahkan routing agar login Hotspot di direct ke browser klient
5.Buat bridge dan VID linksys (sesuaikan VID di mikrotiknya)


sudah begitu saja dan lihat hasilnya ...jika klien mengakses wifi tersebut maka akan disuguhkan login page hotspot dari ruter mikrotik.....tanpa mengganggu aktivitas jaringan lokal..
ternyata hanya dengan 5 langkah hahahahhaa...ampe ga tidur 5 hari...(terlalu bodoh)wkwkkwk

0 Response to "Membuat Vlan Mikrotik ke vlan Linksys WRT54GL"

Post a Comment

Ilmu ibarat sempax, kita harus menggunakannya, tapi tak perlu memamerkannya..".Tolong klik iklan dong..biar blog nya tetep eksis..Thxs "