Replikasi Natif (One-Way) MySQL di Windows 7

Desain Basis Data Terdistribusi
Sebagaimana diketahui, di dalam suatu sistem basis data terdistribusi. File-file basis data diletakan pada beberapa database server di komputer-komputer terpisah. Langkah ini bisa dilakukan pada perangkat lunak database (DBMS) yang sama atau bahkan yang berlainan vendor sekalipun.
Dalam perancangan dan pembuatan basis data terdistribusi, ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan, yaitu replikasi, alokasi, serta fragmentasi. Meskipun masing-masing cara memiliki proses yang berbeda, akan tetapi tujuanya adalah sama, yakni mendistribusikan basis data.
Replikasi Natif MySQL
Di praktikum ini diberikan batasan bahwa pendekatan yang digunakan adalah replikasi natif (one-way). Adapun DBMS yang akan digunakan untuk mengimplementasikan replikasi adalah MySQL. Dengan demikian DBMS-DBMS dan pendekatan-pendekatan lainya tidak tercakup di dalam pembahasan
Arsitektur dan Desain
Untuk dapat mengimplementasikan sistem basis data terdistribusi minimal diperlukan dua buah komputer yang saling terhubung satu sama lain, selain itu di masing-masing komputer harus terinstal DBMS dengan struktur database yang sama.
PERSIAPAN
  1. Setting jaringan komputer agar dapat berkomuniksi satu dengan yang lain
  2. Tes koneksi dengan ping dari kedua komputer jika tidak ada komunikasi silahkan konfigurasi kembali jaringan LAN-nya
  3. Buat sebuat basis data pada kedua komputer dengan struktur yang sama persis
KONFIGURASI REPLIKASI
Buat user relikasi di master
caranya ketik :
GRANT REPLICATION SLAVE ON *.* TO ‘<nama user>’@’<IP master>’ IDENTIFIED BY ‘<password user>’;
Terapkan modifikasi pada tabel system
FLUSH PRIVILEGES;

Kofigurasi Mesin Master
Konfigurasi ini dilakukan di komputer master
masuk ke directory mysql/bin cari file my.ini edit dengan notepad cari section [mysqld] tambahkan code di bawan ini:
1
2
3
server-id = 1
log-bin = C:\xampp\mysql\mysql-bin.log
binlog-do-db = akademik
Jika sudah selesai simpan file konfigurasi MySQL kemudian restart service MySQL. periksa status terbaru master dengan mengetikan perintah
mysql> SHOW MASTER STATUS;
jika hasil yang ditampilkan seperti gambar di atas berarti konfigurasi sudah benar dan berjalan dengan baik, catat informasi ini untuk digunakan untuk konfigurasi di komputer slave.
Konfigurasi Mesin Slave
konfigurasi ini sepenuhnya dilakukan di komputer slavemasuk ke directorymysql/bin cari file my.ini edit dengan notepad cari section [mysqld] tambahkan code di bawan ini:
1
2
3
4
5
6
server-id = 2
master-host = 192.168.1.200
master-user = slave
master-password = slave
master-connect-retry = 60
replicate-do-db = akademik
jika sudah selesai simpan kembali konfigurasi MySQL, kemudian restart service MySQL.
Aktivasi Replikasi
Konfigurasi ini dilakukan untuk sinkronisasi informasi di master oleh slaveserta memulai replikasi. Konfigurasi ini secara garis besar hanya dilakukan di computer slave saja. Penting sekali diperhatikan dalam melakukan konfigurasi ini maka kedua computer harus tetap terhubung. Dengan kata lain, tidak boleh ada salah satu computer yang dimatikan
Masuk ke terminal slave, ketikan code berikut
1
mysql> SLAVE STOP;
Jalankan perintah berikut pada computer slave untuk menjadikan sebagai slave. Perhatikan nilai-nilai atribut harus sesuai dengan informasi yang diperoleh dari computer master di atas.
1
mysql> CHANGE MASTER TO MASTER_HOST='192.168.1.200', MASTER_USER='slave', MASTER_PASSWORD='slave', MASTER_LOG_FILE='mysql-bin.000001', MASTER_LOG_POS=106;
Jika tidak ada eror lanjutkan dengan perintah
1
mysql> START SLAVE;
Untuk memastikan komputer slave siap menjadi slave periksa status di slave dengan perintah
1
mysql> SHOW SLAVE STATUS\G
Jika status menunjukan seperti gambar di atas berarti  aktivasi repliaksi di slave berhasil dan berjalan dengan baik, untuk meyakinkan bahwa replikasi berjalan lakukan pengujian dengan menambah data di master dan lihat hasilnya di slave jika data sama maka proses raplikasi berjalan sempurna.
Proses insert dilakukan di komputer master
Data tersingkronisasi di komputer slave
sumber:brainmantic.wordpress.com

0 Response to "Replikasi Natif (One-Way) MySQL di Windows 7"

Post a Comment

Ilmu ibarat sempax, kita harus menggunakannya, tapi tak perlu memamerkannya..".Tolong klik iklan dong..biar blog nya tetep eksis..Thxs "